IkadiDIY.com

GELIAT LWI TANGKAP PELUANG POTENSI WAKAF DI DIY

GELIAT LWI TANGKAP PELUANG POTENSI WAKAF DI DIY

 

Baru-baru ini Lembaga Wakaf Ikadi Daerah Istimewa Yogyakarta (LWI DIY) mengadakan audiensi dengan LWI Pusat pada Sabtu, 4/9/2021. Audiensi dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom Meeting. Hadir pada acara tersebut ustadz Ainul Yaqin, S.Pd.I. dari LWI Pusat, ustadz Endri Nugraha Laksana, S.Pd.I. selaku Ketua PW IKADI DIY, dan beberapa pengurus LWI DIY antara lain ustadz M, Sulkhan Zainuri, Lc, M.A. selaku ketua, ustadz Junni al Jundi selaku sekretaris, serta beberapa pengurus PW, PD, dan, LWI Daerah se DIY. Tujuan dari kegiatan ini dilatarbelakangi dari pentingnya pengelolaan wakaf secara profesional dan adanya potensi wakaf yang cukup besar di DIY.

 

Pada kesempatan tersebut Ainul Yaqin menekankan tentang pentingnya menangkap potensi kaum muslimin yang akan memberikan wakafnya kepada Ikadi untuk kepentingan dakwah Islam. Selanjutnya, wakaf-wakaf yang telah diberikan tersebut harus dikelola dan dikembangkan secara benar, profesional, transparan, dan akuntabel.

 

“Dari mana untuk pengembangannya. Ya, kita cari dengan wakaf lagi. Di Ikadi, kita punya Gesertren yaitu Gerakan Sepuluh Ribu Bangun Pesantren. Dari hasil Gesertren ini Ikadi sudah dapat membangun beberapa pesantren, sekolah, dan Islamic center”, paparnya sambil memberikan contoh beberapa pesantren yang dibangun dengan gerakan wakaf berupa uang tersebut.

 

Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan beberapa wakaf yang sudah diterima, dikelola, dan sedang dikembangkan oleh LWI Daerah seperti di Gunugkidul, Bantul, Sleman, dan Kulonprogo. Di antara wakaf-wakaf yang sudah diberikan dan dikelola oleh LWI Daerah adalah tanah wakaf untuk panti asuhan, rumah tahfidz, gedung dakwah atau Islamic center, Pendidikan (sekolah/madrasah), dan juga masjid. (WYD)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *