IkadiDIY.com

IKADI BANTUL KAJI SURAT MUHAMMAD DI BULAN RABIUL AWWAL

IKADI BANTUL KAJI SURAT MUHAMMAD DI BULAN RABIUL AWWAL

(Bantul)_ Rabiul Awwal adalah bulan istimewa bagi umat Islam. Pada bulan tersebut, Rasulullah Muhammad Saw, manusia sempurna yang paling hebat sepanjang sejarah dilahirkan. Maka dengan mengambil momentum kelahiran Nabi Muhammad Saw, Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kabupaten Bantul menggelar kajian tafsir Al-Qur’an Surat Muhammad, Sabtu (16/10/2021), dengan nara sumber Ustadz Muhammad Hanafi, S.Ag, MSI.

Kajian diselenggarakan secara online atau dalam jaringan dengan menggunakan media zoom meeting. Peserta terpantau antusias menyimak paparan tentang tafsir Surat Muhammad yang mengandung banyak pelajaran berharga yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. 38 ayat yang Allah Ta’ala turunkan di surat ini menjelaskan banyak hal secara gamblang. Di antaranya perbedaan hasil antara mukmin dan kafir di akhirat kelak, korelasi antara iman dan amal salih, keutamaan mengimani Al-Qur’an, ketentuan hukum perang atau jihaad fii sabiilillaah dan sebagainya.

Kitab tafsir yang dijadikan sebagai rujukan dalam kajian ini adalah Tafsir al-Qur’ani al-‘Adhim atau yang populer dengan nama Tafsir Jalalain, karya dua imam besar yaitu Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Imam Jalaluddin as-Suyuthi. Sebuah kitab tafsir yang ringkas, padat, penuh hikmah dan banyak dijadikan sebagai rujukan kaum muslimin di Indonesia.

Acara yang berlangsung selama sekitar satu jam tersebut dipandu oleh Ustadz H. Nawawi, SE, MM, dengan tilawah Al-Qur’an yang dibacakan  oleh H. Abdul Hafidz. Di akhir acara, moderator membuka sesi dialog dan tanya jawab. Peserta zoom meeting bertanya seputar kandungan surat dan bagaimana menyikapi kesalahpahaman umat tentang persepsi keras/ekstrim dalam beragama. (Hanafi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *