IkadiDIY.com

IKHTIAR MAKSIMAL MEMPERBAIKI KUALITAS SHALAT

IKHTIAR MAKSIMAL MEMPERBAIKI KUALITAS SHALAT


(Ikadi Bantul)_ Sebagai ibadah istimewa dan luar biasa, shalat harus senantiasa dipelajari, dikaji dan ditelaah dari berbagai segi. Shalat adalah Ibadah mahdhah yang dikerjakan rutin setiap hari, selama hayat dikandung badan. Maka sudah seharusnya seorang muslim ikhtiar maksimal dengan segenap kemampuan untuk senantiasa meningkatkan kualitas shalat yang dikerjakan. Hal ini disampaikan oleh ketua Ikadi Bantul, ustadz Muhammad Hanafi, S.Ag, MSI dalam kajian rutin setiap malam Ahad yang diselenggarakan oleh Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kabupaten Bantul, Sabtu (05/03/2022).

Prinsip awal bahwa Nabi Muhammad Saw telah mengajarkan tatacara shalat secara utuh dan lengkap, termasuk kiat agar shalatnya berkualitas atau khusyu’. Nabi Muhammad Saw tidak pernah merahasiakan cara shalat, ataupun menyembunyikan kaifiyahnya, namun Beliau Saw justru membimbing, mengajari dan memantau pelaksanaan shalat para sahabatnya. Sekira ada sahabat yang tidak tertib shalatnya, pasti ditegur dan diluruskan.

Banyak hadits yang memaparkan penjelasan Nabi Muhammad terkait upaya untuk memperbaiki shalat. Agar shalat semakin baik, maka di antara langkahnya adalah; sesuaikan gerakan dengan contoh yang dipraktekkan oleh Rasulullah Muhammad Saw. Mulai dari cara mengangkat tangan, ruku’, i’tidal, sujud, duduk sampai salam. Hindarkan berbagai gangguan yang sekiranya akan mengganggu konsentrasi ibadah shalat, baik dari faktor makanan, gambar, tulisan, ataupun menahan kantuk, buang angin dan lain-lain.

Syari’at shalat secara tegas termaktub di Al-Qur’an dalam banyak ayat dan berbagai redaksi. Shalat sebagai kewajiban yang dilaksanakan dalam waktu tertentu, shalat sebagai media mengingat Allah ta’ala, shalat mampu mencegah perbuatan keji dan munkar, shalat akan memperoleh kesudahan yang baik dan lain-lain. Kajian yang dipandu oleh ust. Zarmuji, S.Pd.I berlangsung hangat dan interaktif selama satu jam dengan media zoom meeting. (Hnf)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *